Selasa, 04 Desember 2018

Pengertian Data Analis & Sybas ( A. Process Analyst Model )

Data Analis merupakan sebuah proses menganalisa data database, sedangkan Sybase Power Designer adalah sebuah software pemodelan yang memiliki banyak fungsi diantaranya adalah untuk merancang serta memanage database.Sangant cocok untuk data base yang berukuran besar serta memiliki tingkat kompleksitas yang cukup rumit. Sybase Power Designer memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut jika dibandingkan dengan menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi pembantu dari vendor, yaitu :

Design database mayoritas menggunakan interface berupa tampilan grafik, hal ini berarti orang yang tidak mengerti bahasa SQL juga bisa menggunakan software ini untuk membuat database dengan berbagai macam tingkat kesulitan
Database dapat diciptakan independen dari RDBMS, Sybase tidak bergantung pada vendor tertentu saja untuk mengimplementasikan design database yang telah dibuat pada RDBMS seperti MySQL, Oracle, atau Microsoft SQL Server. Sybase dapat mengkonstruksikan database yang telah kita buat dalam berbagai macam RDBMS, bahkan RDBMS yang jarang kita dengar juga didukung oleh Sybase.

Migrasi database menjadi mudah, hal ini dikarenakan Sybase mempunyai fitur untuk mengkoneksikan diri dengan berbagai macam RDBMS seperti Oracle, MySQL, dan Microsoft SQL Server untuk mengkonstruksikan database yang telah didesign pada Sybase.
Hampir tidak memerlukan pengetahuan mengenai bahasa SQL, semuanya dilakukan dengan klik sana sini di Sybase, namun begitu kita dapat melihat hasil output SQL dari design database yang sudah kita buat

Sybase Power Designer cocok untuk digunakan pada saat kita membutuhkan design database yang kuat dan fleksibel dan membutuhkan waktu yang cepat untuk konstruksi database.Software ini juga sering digunakan di perusahaan-perusahaan karena lebih memudahkan mereka untuk melihat secara grafis dari database tersebut. Sybase Power Designer hanya di gunakan sebagai alat bantu saja.

Data Analis merupakan rangkaian dari Power designer 6.0 32 bit adalah sebuah paket program desain tools yang digunakan untuk membuat Visualisasi, dokumentasi dan mendesain suatu sistem perangkat lunak. Paket ini meliputi :
  1. Process analyst Model (PAM)
  2. Data architect tools
  3. Aplication modeler tools
  4. Metawork tools

A. Process Analyst Model

Process analyst adalah suatu Powerdesigner tool yang memungkinkan untuk menggambarkan aliran informasi dari suatu proses di dalam sistem informasi. Suatu PAM menunjukkan bagaimana data diubah dan menunjukkan proses fungsional yang berlaku untuk data itu. Produk ini adalah merupakan suatu alat (tools) yang dapat digunakan untuk membuat pemodelan aliran informasi suatu sistem perangkat. Dengan menggunakan produk software ini diharapkan dapat :
  1. Membangun model fungsional ( OMT) dan diagram arus data
  2. Menggunakan lambang sesuai dengan berbagai metoda didukung: OMT, Yourdon/Demarco, Gane& Sarson, dan SSADM
  3. Menciptakan suatu hirarki proses
  4. Customize dan mencetak laporan model
  5. Menggunakan data item dari suatu Data Konseptual Model ( CDM)
  6. Menggunakan OLE teknologi untuk menghubungkan rancangan model ke aplikasi lain

Suatu PAM memungkinkan untuk:
  1. Meneliti proses dari suatu sistem
  2. Menghadirkan proses ini dalam wujud suatu model
  3. Menciptakan suatu struktur pohon hirarkis [yang] mewakili proses ini


EmoticonEmoticon