Sabtu, 28 Juli 2018

Cara Membuat Bootable USB Untuk Instalasi Windows

Tahun 2018 adalah zaaman berkembang tentunya teknologipun sudah berkembang pesat bahkan kebanyakan laptop saat ini telah meniadakan ODD (Optical Disk Drive) pada perangkatnya alias Slim. sehingga Instalasi sudah tidak menggunakan CD Room

Salah satu solusi adalah melakukan install Windows dengan Flashdisk Bootable. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut Jaka punya solusi mengenai cara menggunakan Software Rufus untuk Install Windows dengan Flashdisk secara mudah dan cepat kak.


Rufus adalah aplikasi atau software yang pada umumnya digunakan untuk membuat Flashdisk Bootable agar dapat digunakan sebagai media Install Sistem Operasi OS. Bukan hanya Windows saja, melainkan juga untuk Linux dan lain sebagainya.

Rufus yang dikembangkan oleh Akeo. Rufus sendiri merupukan freeware alias dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis. Selain itu, Rufus juga memiliki ukuran kecil, kurang dari 1MB kak


Cara Menggunakan Rufus untuk Install Windows

Untuk membuat Flashdisk Bootable / Pengganti CD/CVD, pastikan sudah memiliki file Windows dengan format .iso. Selain itu  sediakan Flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB! jika tidak ada silahkan siapkan telebih dahulu.

Langkah - 1
Setelah memastikan beberapa persyaratan di atas, pertama kali kamu bisa men-download Rufus dan melakukan instalasi di PC atau laptop kamu. Untuk tautan download Rufus sudah Jaka sediakan di bawah ini ya.

Langkah - 2
Lakukan instalasi Rufus seperti layaknya kamu meng-install software PC atau laptop. Jika sudah, kamu bisa menancapkan flasdisk ke PC atau laptop kamu dan buka aplikasi Rufus yang sudah diinstall tadi.


Langkah - 3
Kemudian untuk membuat flashdisk bootable Windows 10, kamu tinggal pilih menu SELECT dan pergi ke direktori di mana kamu menyimpan mentahan Windows yang berformat .iso. Pilih file kemudian klik Open untuk membuka.


Langkah - 4
Nah pada Boot selection akan terlihat versi Windows yang kamu gunakan. Di tahap ini, pastikan kamu memilih Partition scheme: MBR dan Target system: BIOS (or UEFI-CSM) dengan mengakses pada menu dropdown.

Langkah - 5
Lalu pada tab Format Options di sini kamu bisa mengubah nama flashdisk bootable yang kamu gunakan pada kolom Volume label. Selanjutnya pastikan File system: NTFS dan buka Show advanced format options dan pastikan centang seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.


Langkah - 6
Nah jika dipastikan semua sudah sesuai, tinggal klik START untuk memulai proses menggunakan Rufus untuk install Windows. Sebelumnya akan muncul jendela peringatan yang akan menginformasikan bahwa flashdisk akan diformat, klik OK untuk melanjutkan.

Langkah - 7

Tunggu proses membuat bootable flashdisk yang memakan waktu 10-12 menit tergantung besar mentahan Windows dan kecepatan flashdisk yang kamu gunakan guys.


Langkah - 8
Jika progress bar sudah berwarna hijau dan muncul tulisan READY berarti flashdisk bootable kamu sudah siap digunakan. Kamu tinggal klik tombol CLOSE dan eject flashdisk kamu untuk melakukan instalasi Windows.


EmoticonEmoticon